Ada beragam cara mengeluarkan dahak di tenggorokan yang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Tidak hanya membuat dahak lebih mudah dikeluarkan, berbagai cara ini juga dapat meredakan keluhan tenggorokan gatal dan mengganjal akibat batuk berdahak.

Dahak merupakan lendir yang berfungsi untuk melindungi dan membersihkan saluran pernapasan dari benda asing, seperti debu, asap rokok, serta kuman dan virus penyebab infeksi.

11 Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan dengan Cepat - Alodokter

Namun, ketika saluran napas mengalami peradangan atau infeksi, dahak akan diproduksi lebih banyak sehingga menumpuk di tenggorokan dan menimbulkan rasa tidak nyaman atau bahkan sampai membuat napas tidak lega.

Agar dahak tidak semakin menumpuk, ada sejumlah cara mengeluarkan dahak di tenggorokan yang dapat dilakukan dengan mudah.

Beragam Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan

Berikut ini adalah beberapa cara cepat dan mudah untuk mengeluarkan dahak di tenggorokan:

1. Minum air putih

Saat mengalami batuk berdahak, Anda disarankan untuk banyak minum air putih. Ini karena air putih dapat mengencerkan dahak yang kental, sehingga lebih mudah dikeluarkan melalui batuk.

2. Konsumsi madu

Tidak hanya air putih, Anda juga bisa konsumsi madu atau minum air hangat yang dicampur madu agar lebih mudah mengeluarkan dahak di tenggorokan, sekaligus meringankan gejala sakit tenggorokan. Bahkan, ada penelitian yang telah menunjukkan bahwa madu lebih efektif daripada obat batuk untuk meredakan batuk.

Namun, hindari pemberian madu pada anak usia di bawah 1 tahun karena berisiko menyebabkan botulisme.

3. Mandi air hangat

Menghirup uap saat mandi air hangat juga dapat dilakukan sebagai cara mengeluarkan dahak di tenggorokan. Hal ini karena uap hangat mampu melembapkan saluran pernapasan dan melebarkan jalan napas, sehingga lendir dahak lebih mudah keluar.

4. Kumur air garam

Cara mengeluarkan dahak di tenggorokan lainnya adalah berkumur dengan air garam. Metode ini bisa meredakan sakit tenggorokan dan mengencerkan dahak agar mudah dikeluarkan.

Untuk membuat larutan kumur ini, Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air putih. Sewaktu berkumur, usahakan agar air garam membilas hingga bagian atas tenggorokan, bukan hanya di rongga mulut.

5. Minum teh hangat

Berbagai jenis teh, seperti teh hijau, teh peppermint, atau teh herbal lainnya, juga dapat dikonsumsi untuk mengencerkan dahak dan meredakan sakit tenggorokan. Anda pun bisa mengonsumsi teh ketika airnya masih hangat untuk melegakan tenggorokan.

6. Konsumsi air rebusan jahe

Mengonsumsi air rebusan jahe juga bisa dilakukan sebagai cara mengeluarkan dahak di tenggorokan. Hal ini karena jahe mengandung gingerol yang dinilai baik untuk meredakan radang tenggorokan sekaligus membantu pengeluaran dahak.

7. Konsumsi lemon

Penelitian menyatakan bahwa lemon memiliki sifat antioksidan dan antiradang yang bisa digunakan untuk mengatasi peradangan di saluran pernapasan. Untuk memanfaatkannya, Anda bisa menambahkan air maupun irisan lemon ke dalam air hangat atau teh jahe agar rasanya lebih segar.

8. Makan cabai

Cabai berkhasiat untuk mengencerkan lendir di tenggorokan, sehingga mudah dikeluarkan. Manfaat ini berasal dari kandungan capsaicin. Namun, hindari mengonsumsinya terlalu banyak agar tidak malah menyebabkan gangguan pencernaan.

9. Konsumsi bawang putih

Konsumsi bawang putih juga dikatakan bisa membantu pengeluaran dahak dari tenggorokan dan mengurangi produksi lendir, meskipun belum ada bukti ilmiah yang cukup mengenai efektivitasnya.

Bila Anda ingin menggunakannya untuk mengeluarkan dahak di tenggorokan, perlu diingat bahwa bawang putih bisa membuat bau napas menjadi kurang sedap dan bisa menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang.

10. Gunakan alat pelembap udara

Manfaat udara lembap untuk mengeluarkan dahak juga bisa diperoleh dengan menggunakan humidifier atau alat pelembap udara di ruangan ber-AC. Udara yang lembap bisa mengurangi iritasi di saluran pernapasan dan mengencerkan dahak.

11. Gunakan minyak esensial eukaliptus

Cara mengeluarkan dahak di tenggorokan yang terakhir adalah dengan menghirup minyak esensial eukaliptus. Uap panas yang mengandung eukaliptus dinilai dapat mengencerkan dahak dan membunuh kuman dalam tubuh.

Ingat, minyak esensial eukaliptus tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Sebagai cara mengeluarkan dahak di tenggorokan, Anda bisa menambahkan minyak esensial ini ke dalam diffuser dan menghirup uap yang dihasilkannya.

Namun, cara ini tidak disarankan bagi wanita hamil dan anak berusia di bawah 2 tahun, sebab penggunaannya berisiko memengaruhi perkembangan janin dan menyebabkan gangguan pernapasan pada bayi.

Itulah beragam cara mengeluarkan dahak di tenggorokan. Selain berbagai cara di atas, Anda juga bisa mengeluarkan dahak dengan teknik tepukan. Caranya, duduklah dengan posisi badan tegak, lalu tepuk dinding dada secara perlahan menggunakan tangan selama 5 menit.

Berbagai cara mengeluarkan dahak tenggorokan tersebut juga bisa dilakukan untuk mengeluarkan dahak pada penderita penyakit saluran pernapasan seperti asma, bronkiektasis, pneumonia, atau PPOK.

Saat sedang mengalami batuk berdahak, Anda juga dianjurkan untuk berhenti merokok dan menjauhi asap rokok, serta mengurangi konsumsi minuman yang mengandung alkohol dan kafein.

Obat batuk berdahak juga dapat digunakan bila berbagai cara di atas tidak efektif untuk meredakan keluhan yang muncul. Obat batuk berdahak tersebut meliputi ekspektoran dan mukolitik. Kedua jenis obat ini bisa mengencerkan dahak sehingga mudah dikeluarkan melalui batuk, meskipun konsumsi madu dinilai lebih efektif untuk meredakan batuk.

Namun, bila Anda sudah melakukan semua cara mengeluarkan dahak di tenggorokan tetapi batuk berdahak masih juga belum sembuh hingga lebih dari 2 minggu, atau disertai sesak napas, nyeri dada, atau batuk berdarah, segeralah periksakan diri ke dokter untuk memperoleh pengobatan yang tepat.