Wasir merupakan salah satu penyakit yang cukup sering terjadi pada orang dewasa. Hingga saat ini, penyebab wasir belum diketahui secara pasti, tetapi kondisi ini sering terjadi akibat terlalu lama atau terlalu sering mengejan saat buang air besar atau saat persalinan.

Wasir atau ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah di anus atau usus besar bagian bawah. Dalam dunia medis, wasir disebut juga hemoroid. Bila terletak di anus, kondisi ini disebut hemoroid eksternal. Sementara itu, wasir yang terletak di usus besar bagian akhir disebut hemoroid internal.Cari Tahu Kapan Wasir Perlu Dioperasi - AlodokterWasir bisa ditangani dengan beragam cara, baik dengan pengobatan secara mandiri di rumah maupun melalui operasi. Namun, sebelum berbicara lebih jauh mengenai pengobatan wasir, sebaiknya kenali lebih dulu tanda-tanda terjadinya wasir.

Apa Saja Gejala Wasir?

Meski terkadang tidak menimbulkan gejala, penderita akan merasakan gejala tertentu bila sampai terbentuk bekuan darah pada wasir. Gejala wasir yang muncul tergantung pada lokasinya, apakah wasir internal atau eksternal. Namun, secara umum, ada beberapa gejala wasir yang dapat dirasakan penderitanya, yaitu:

  • Gatal atau iritasi di daerah anus
  • Tidak nyaman atau nyeri di daerah anus
  • Buang air besar berdarah
  • Benjolan dan pembengkakan di anus

Berikut ini adalah gejala yang dapat dirasakan oleh penderita wasir berdasarkan lokasi terbentukya wasir:

Hemoroid internal

Pada awalnya, penderita tidak merasakan keluhan apa pun dan karena terletak di dalam, wasir jenis ini tidak terlihat. Namun, gesekan oleh tinja saat buang air besar (BAB) secara terus-menerus, terutama bila mengejan atau tekstur tinja keras, dapat merusak permukaan wasir dan menyebabkan BAB berdarah.

Bila hemoroid internal tidak ditangani dan bertambah parah, pembengkakan pembuluh darah di usus besar bagian akhir ini akan keluar melalui anus. Keluarnya pembuluh darah pada hemoroid internal dijadikan patokan untuk menilai tingkat keparahan wasir. Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Tingkat 1: bila wasir belum keluar ke anus
  • Tingkat 2: bila wasir yang keluar ke anus dapat masuk kembali dengan sendirinya
  • Tingkat 3: bila wasir keluar tetapi bisa dimasukkan kembali dengan jari
  • Tingkat 4: bila wasir keluar dan tidak dapat masuk kembali sama sekali

Untuk memastikan adanya hemoroid internal yang belum keluar, dokter akan melakukan pemeriksaan colok dubur. Pada pemeriksaan ini, dokter akan memasukkan jari yang telah dioles pelumas ke dalam dubur untuk meraba benjolan wasir.

Selanjutnya, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan dengan melihat langsung kondisi usus bagian bawah menggunakan alat khusus yang dinamakan anoscope, proctoscope, atau sigmoidoscope.

Hemoroid eksternal

Wasir jenis ini akan terasa gatal dan bila tergesek atau mengalami iritasi akan menimbulkan BAB berdarah. Pembengkakan pembuluh darah ini akan mudah terlihat sebagai benjolan di anus. Dokter dapat mengenali hemoroid eksternal hanya dengan memeriksa daerah anus.

Pada hemoroid eksternal, darah dapat terkumpul dan membentuk gumpalan atau trombus. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat dan benjolan yang keras di anus.

Bagaimana Cara Mengobati Wasir?

Kebanyakan hemoroid eksternal dan hemoroid internal tingkat 1 dan 2 dapat ditangani dengan perawatan secara mandiri di rumah, yaitu:

  • Perbanyak konsumsi makanan tinggi serat.
  • Konsumsi air putih yang cukup, minimal 8 gelas setiap harinya.
  • Hindari mengejan saat buang air besar.
  • Hindari duduk di kloset dalam waktu lama, misalnya buang air besar sambil membaca.
  • Duduk dan rendam bokong di dalam bak air hangat sebanyak beberapa kali sehari.

Khusus hemoroid eksternal, bersihkan anus dengan hati-hati setelah BAB karena membersihkan daerah anus akan lebih sulit dan tidak nyaman untuk dilakukan bila terdapat benjolan wasir di luar.

Selain melakukan langkah-langkah perawatan di atas, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat pereda nyeri, obat pencahar, atau obat yang dimasukkan ke dalam anus untuk meringankan keluhan wasir.

Meski wasir yang ringan bisa ditangani sendiri di rumah, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami BAB berdarah.

Pada hemoroid eksternal yang sudah menyebabkan keluhan yang mengganggu, hemoroid internal tingkat 3 dan 4, atau wasir yang mengalami perdarahan hebat, dokter biasanya akan menganjurkan langkah operasi.

Berikut ini adalah beberapa jenis operasi untuk mengobati wasir:

1. Rubber band ligation

Dokter bedah akan mengikat wasir dengan bahan karet khusus, sehingga wasir akan kehilangan pasokan darah dan mengecil hingga akhirnya hilang.

2. Skleroterapi

Dokter akan menyuntikkan bahan kimia khusus ke dalam wasir yang menyebabkan wasir berubah menjadi jaringan parut dan mengecil.

3. Terapi laser

Pada prosedur ini, dokter akan menggunakan sinar laser untuk mengecilkan dan mengeraskan wasir.

4. Hemoroidektomi

Prosedur operasi wasir ini dilakukan di ruang operasi dan menggunakan obat bius. Hemoroidektomi dilakukan dengan mengangkat seluruh wasir.

5. Stapled hemorrhoidopexy

Prosedur ini untuk mengobati wasir dan menjadi pilihan pengobatan untuk mengatasi wasir yang parah. Operasi ini tidak menghilangkan wasir, melainkan mengencangkan jaringan pendukung wasir yang longgar agar wasir tidak menonjol.

Pada dasarnya, pengobatan wasir tergantung pada lokasi dan tingkat keparahannya. Pada hemoroid eksternal serta hemoroid internal tingkat 1 dan 2, biasanya tidak perlu dilakukan operasi. Operasi perlu dilakukan pada hemoroid eksternal yang menimbulkan gejala serta hemoroid internal tingkat 3 dan 4.

Oleh karena itu, bila Anda merasakan benjolan yang keluar dari atau berada di anus, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat sesuai kondisi wasir, terlebih bila wasir sering kambuh dan tidak kunjung sembuh dengan cara sederhana.

Ditulis oleh:

dr. Sonny Seputra, M.Ked.Klin, SpB
(Dokter Spesialis Bedah)