Asam hialuronat adalah zat alami dalam tubuh yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Zat ini paling banyak ditemukan di kulit, mata, dan persendian. Karena manfaatnya beragam, asam hialuronat banyak diproduksi dalam bentuk suplemen dan produk perawatan kulit.

Tubuh manusia terdiri dari miliaran sel. Kumpulan sel yang sejenis disebut dengan jaringan. Di antara sel-sel dalam jaringan ini, ada berbagai macam zat yang berfungsi sebagai “lem” untuk menyatukan sel-se tersebut dan salah satunya adalah asam hialuronat.

Manfaat Asam Hialuronat untuk Kesehatan dan Kecantikan - Alodokter

Sifat utama asam hialuronat adalah mempertahankan kadar air untuk menjaga kelembapan dan keutuhan jaringan. Selain itu, zat ini juga berperan dalam proses regenerasi sel pada jaringan.

Manfaat Asam Hialuronat untuk Kesehatan

Meski diproduksi secara alami dalam tubuh, kadar asam hialuronat bisa menurun karena beberapa faktor, termasuk faktor usia dan lingkungan, seperti paparan asap rokok dan polusi udara.

Oleh karena itu, berbagai produk asam hialuronat, baik dalam bentuk suplemen maupun produk perawatan kulit, dapat menjadi cara untuk meningkatkan kembali kadarnya dalam tubuh.

Berikut adalah berbagai manfaat asam hialuronat sintesis bagi kesehatan tubuh:

1. Meredakan nyeri sendi

Salah satu manfaat asam hialuronat adalah sebagai pelumas sendi, sehingga gesekan antartulang bisa berkurang. Pada penderta osteoarthritis, terutama osteoarthritis lutut, suplemen asam hialuronat bisa dikonsumsi sebagai terapi tambahan untuk meredakan nyeri sendi.

Selain dalam bentuk suplemen, dokter juga bisa memberikan suntikan asam hialuronat untuk meredakan nyeri. Manfaat suntikan asam hialuronat pada penderita osteoarthritis diketahui bisa bertahan hingga 6–12 bulan.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Asam hialuronat juga berperan penting dalam penyembuhan luka. Zat ini dapat mengurangi peradangan akibat luka dan merangsang perbaikan jaringan, sehingga proses penyembuhan pun menjadi lebih cepat. Selain itu, asam hialuronat juga memiliki sifat antibakteri yang dapat melindungi luka dari infeksi.

Untuk penyembuhan luka, jenis asam hialuronat yang bisa digunakan adalah dalam bentuk serum atau gel.

3. Mengatasi mata kering

Mata kering umumnya disebabkan oleh produksi air mata yang berkurang atau air mata cepat menguap. Asam hialuronat mampu mempertahankan kelembapan, sehingga dapat meringankan keluhan yang disebabkan oleh mata kering. Pada kondisi ini, asam hialuronat digunakan dalam bentuk obat tetes mata atau lensa kontak.

Selain itu, obat tetes mata dengan kandungan asam hialuronat juga sering digunakan dalam operasi mata untuk menurunkan peradangan dan mempercepat penyembuhan luka pascaoperasi.

4. Meringankan gejala asam lambung

Pada penyakit asam lambung atau GERD, asam lambung mengalir ke luar dari lambung dan naik ke kerongkongan. Naiknya asam lambung tersebut dapat memicu gejala GERD dan menyebabkan kerusakan pada lapisan kerongkongan.

Penggunaan suplemen asam hialuronat pada kondisi ini bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan di kerongkongan dan mempercepat proses pemulihannya. Namun, manfaat asam hialuronat untuk meredakan gejala asam lambung ini masih terus diteliti lebih lanjut.

5. Mengatasi infeksi kandung kemih

Jika terdapat infeksi pada kandung kemih, jaringan di area tersebut akan mengalami kerusakan akibat peradangan sehingga akan muncul rasa nyeri. Salah satu pengobatan untuk meredakan rasa nyeri ini adalah dengan asam hialuronat.

Pada kondisi ini, asam hialuronat berperan dalam melapisi dan memperbaiki jaringan yang rusak. Namun, proses terapi ini agak kurang nyaman, karena asam hialuronat harus dimasukkan langsung ke dalam kandung kemih melalui selang kencing.

Manfaat Asam Hialuronat bagi Kecantikan

Selain untuk kesehatan, asam hialuronat juga kerap digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit, seperti pelembap, serum wajah, atau sabun cuci muka. Beberapa manfaat asam hialuronat untuk kecantikan meliputi:

Melembapkan kulit

Banyak produk kecantikan, seperti pelembap dan serum wajah, yang memanfaatkan asam hialuronat sebagai bahan untuk melembapkan dan membuat kulit terlihat lebih kenyal. Selain itu, asam hialuronat dalam bentuk suplemen diketahui bisa meningkatkan kelembapan kulit dan mengatasi kulit kering.

Mengurangi tanda-tanda penuaan

Berbagai produk perawatan wajah dalam bentuk krim atau serum asam hialuronat juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan. Selain itu, asam hialuronat juga mampu mendorong tubuh untuk terus memproduksi kolagen sehingga kesehatan kulit tetap terjaga dengan baik.

Selain dimanfaatkan untuk perawatan wajah, asam hialuronat juga kerap digunakan dalam bentuk suntikan dalam prosedur perawatan di dokter kecantikan, misalnya suntik filler untuk menjaga kulit tetap kencang dan awet muda.

Jika Anda memiliki masalah kesehatan yang mungkin dapat ditangani dengan pemberian asam hialuronat, disarankan untuk konsultasikan lebih dulu ke dokter mengenai perlu tidaknya penggunaan obat atau terapi dengan bahan ini.