Pijat setelah melahirkan bisa menjadi pilihan terapi yang baik dilakukan karena memiliki beragam manfaat. Selain membuat tubuh Bunda jadi lebih relaks, pijat setelah melahirkan diketahui juga dapat meningkatkan produksi ASI.

Pijat setelah melahirkan atau postpartum massage adalah terapi pijat seluruh tubuh yang dilakukan pada 12 minggu pertama setelah melahirkan. Tidak hanya untuk wanita yang melahirkan secara normal, terapi ini juga boleh dilakukan pada wanita yang melahirkan secara Caesar, tentunya setelah konsultasi dengan dokter.

Manfaat Pijat Setelah Melahirkan yang Sayang untuk Dilewatkan - Alodokter

Berbagai Manfaat Pijat setelah Melahirkan

Jika dilakukan dengan benar dan tidak terlalu keras, terapi pijat setelah melahirkan bisa memberikan beragam manfaat bagi kesehatan Bunda, antara lain:

1. Meredakan pegal-pegal

Rasa pegal setelah melahirkan atau akibat mengurus Si Kecil yang baru lahir biasanya dirasakan di punggung, bahu, lengan, dan tungkai. Dengan mendapatkan pijatan, keluhan pegal dan ketegangan di otot yang Bunda rasakan bisa berkurang.

Salah satu alasannya adalah karena saat mendapatkan pijatan, tubuh Bunda akan mengeluarkan hormon endorfin yang dapat membantu mengurangi rasa sakit secara alami dan juga meningkatkan perasaan yang positif.

2. Meningkatkan produksi ASI

Tidak hanya mengeluarkan endorfin, terapi pijat payudara setelah melahirkan juga dapat mengeluarkan hormon oksitosin. Hormon ini diketahui berperan penting dalam membantu meningkatkan dan melancarkan produksi ASI.

Saat melakukan pemijatan di area payudara, Bunda dianjurkan untuk menggunakan bantalan payudara atau breast pad. Hal ini berguna agar ASI tidak merembes ke baju ketika payudara Bunda dipijat.

3. Mengurangi pembengkakan

Selama kehamilan, cairan tubuh biasanya meningkat sekitar 50%, sehingga berisiko memicu pembengkakan di bagian tubuh tertentu. Dengan melakukan terapi pijat, hal ini dinilai dapat membantu mengurangi pembengkakan dengan cara merangsang tubuh untuk membuang cairan berlebih.

4. Mengurangi kecemasan dan depresi

Bunda yang baru saja melahirkan cukup rentan mengalami baby blues dan depresi pascamelahirkan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, cobalah lakukan terapi pijat secara rutin agar dapat meningkatkan suasana hati, sehingga Bunda terhindar dari gejala depresi.

Meskipun manfaat pijat setelah melahirkan baik untuk tubuh, Bunda dianjurkan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter guna memastikan apakah Bunda boleh dipijat dan bagian tubuh mana yang aman untuk dipijat, apalagi jika Bunda mengalami masalah saat melahirkan atau setelahnya.

Selain itu, pilihlah tempat pijat yang terpercaya dan tenaga pemijat yang memang sudah terlatih untuk melakukan pijat setelah melahirkan.