Sendawa pada bayi merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua. Hal ini penting dilakukan karena bayi masih memerlukan bantuan orang tuanya untuk bersendawa agar dapat melepaskan gas dari perutnya.

Ketika sedang minum ASI atau susu formula, biasanya akan ada gas yang ikut masuk ke perut bayi. Sendawa pada bayi dapat membantu gas tersebut keluar. Gas bisa berasal dari hasil pemecahan makanan tertentu, seperti kacang-kacangan, kembang kol, kubis, dan brokoli, yang dikonsumsi ibu dan kemudian tersalurkan melalui ASI.

Sendawa pada Bayi, Alasan dan Cara Melakukannya - Alodokter

Gas yang ada di dalam perut bayi dapat menyebabkan perutnya kembung dan mudah kenyang. Oleh karena itu, Bunda dapat membantu Si Kecil bersendawa agar ia tetap nyaman dan tidak rewel. Memastikan bayi bersendawa setelah makan juga dapat mencegah terjadinya kolik.

Beberapa Cara Membuat Bayi Bersendawa

Bunda setidaknya harus membuat Si Kecil bersendawa setiap 5 menit sekali selama menyusu. Ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk membantu Si Kecil bersendawa, antara lain:

1. Menggendong bayi

Salah satu cara membuat sendawa pada bayi adalah menggendongnya dengan posisi dagu berada di bahu Bunda. Gunakan satu tangan untuk menahan tubuh bayi dan tangan lainnya untuk menepuk-nepuk punggung bayi secara perlahan hingga ia bersendawa.

Bunda bisa meletakkan kain lembut di bahu sebagai tumpuan dagu Si Kecil sekaligus untuk menyerap semburan dari sendawanya.

2. Memangku bayi

Untuk membantu Si Kecil bersendawa, Bunda bisa memangkunya dengan posisi menyamping dan mencondongkan badannya ke depan. Gunakan 1 tangan untuk menopang dada dan kepala Si Kecil, kemudian tepuk punggung bayi dengan lembut hingga ia bersendawa.

3. Menidurkan bayi di pangkuan

Bunda dapat membaringkan Si Kecil dengan posisi tengkurap di atas pangkuan. Buat posisi kepalanya sedikit lebih tinggi dari tubuhnya. Tepuk atau usap punggung bayi dengan lembut sampai ia bersendawa.

Cara Lain untuk Membuat Bayi Bersendawa

Beberapa cara di atas bisa Bunda gunakan untuk membantu sendawa pada bayi. Namun, apabila beberapa cara di atas tidak berhasil membuat Si Kecil bersendawa, Bunda bisa mencoba cara lain untuk membuatnya bersendawa. Berikut ini adalah beberapa caranya:

  • Memandikannya dengan air hangat
  • Memijat perutnya secara perlahan dan lembut dengan gerakan memutar
  • Menggerakan kedua kakinya maju dan mundur seperti sedang mengayuh sepeda.

Namun, jika berbagai cara di atas tidak juga efektif untuk membuat sendawa pada bayi, Bunda tidak perlu khawatir. Bunda dapat menidurkan Si Kecil atau melanjutkan untuk menyusuinya kembali. Jika Si Kecil terlihat tidak nyaman, Bunda bisa mencoba membuatnya bersendawa lagi.

Seiring bertambahnya usia, bayi akan bersendawa dengan sendirinya tanpa harus dibantu. Umumnya, hal ini terjadi setidaknya ketika bayi berusia 6 bulan.

Sendawa pada bayi terkadang juga disertai dengan gumoh, yang sebenarnya normal terjadi. Namun, jika bayi muntah setelah lebih dari satu kali menyusu atau disertai gejala lain, seperti demam atau diare, sebaiknya periksakan Si Kecil ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.