Pegal-pegal saat hamil merupakan keluhan yang umum terjadi. Rasa pegal ini dapat dirasakan di salah satu bagian tubuh atau menyeluruh. Kalau Bumil sering merasakan keluhan ini, ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Pegal saat hamil bisa terjadi karena ligamen atau jaringan penyokong dalam tubuh Bumil meregang secara alami untuk menunjang perkembangan kandungan dan memudahkan proses persalinan.

6 Cara Mudah Mengatasi Pegal-pegal Saat Hamil - Alodokter

Selain itu, ada pula faktor lain yang dapat meningkatkan risiko terjadinya pegal-pegal selama hamil, seperti perubahan hormon, pertambahan berat badan, pertumbuhan bayi dalam kandungan, dan stres. Pegal-pegal juga terjadi saat Bumil mengalami flu saat hamil.

Tips Mengatasi Pegal-pegal Selama Hamil

Pegal-pegal tentu bikin Bumil tidak nyaman beraktivitas dan beristirahat, ya. Nah, untuk mengatasinya, berikut ini adalah tips yang bisa Bumil lakukan:

1. Mandi air hangat

Mandi air hangat diketahui dapat mengurangi rasa pegal di tubuh selama masa kehamilan. Selain itu, aktivitas ini juga bisa memperlancar peredaran darah serta membuat tubuh dan pikiran Bumil menjadi lebih relaks.

2. Pijat kehamilan

Selain dapat membantu mengurangi rasa pegal, pijat kehamilan juga bermanfaat untuk meningkatkan peredaran darah, mengurangi nyeri sendi, dan mencegah stres. Bumil bisa meminta bantuan suami untuk memijat tubuh yang terasa pegal.

Meski begitu, jangan sembarangan dalam melakukannya ya, Bumil. Apalagi dalam trimester awal kehamilan. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan mengenai kondisi Bumil dan keamanannya.

3. Gunakan penyangga perut khusus ibu hamil

Penggunaan penyangga perut khusus ibu hamil dapat menahan beban yang berpusat di perut ibu hamil, mulai dari punggung dan area bawah panggul. Penyangga perut akan mengurangi beban dari perut yang semakin besar, sehingga dapat mengurangi rasa pegal.

4. Lakukan olahraga ringan

Melakukan olahraga ringan dapat membantu mengurangi pegal-pegal saat hamil. Aktivitas ini akan memperkuat otot perut untuk mengurangi rasa pegal.

Bumil bisa melakukan beberapa olahraga ringan, seperti berjalan kaki, berenang, atau yoga. Jika Bumil terlalu lelah untuk berolahraga, jangan memaksakan diri, ya.

5. Tidur dengan posisi menyamping

Mengurangi pegal-pegal selama hamil bisa dilakukan dengan mengatur posisi tidur. Bumil disarankan untuk tidur dengan posisi menyamping (sleep on side).

Bumil bisa menaruh bantal penyangga di antara kaki, di bawah perut, atau di belakang punggung. Posisi tidur telentang sebaiknya dihindari karena cenderung membuat rasa pegal bertambah parah.

6. Konsumsi obat penghilang rasa sakit

Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, seperti paracetamol, dapat dilakukan untuk mengurangi rasa pegal. Obat ini akan menghambat produksi prostaglandin di tubuh, sehingga rasa pegal berkurang.

Penggunaan paracetamol untuk ibu hamil tergolong aman dilakukan. Namun, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsinya, ya.

Cara-cara di atas dapat membantu mengatasi rasa pegal saat hamil. Namun, jika rasa pegal tak hilang setelah melakukan tips di atas, Bumil disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Terlebih jika rasa pegal yang muncul disertai dengan gejala lain, seperti ruam dan demam.